FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG PEMATANGSIANTAR

Muhammad Fauzan(1*),

(1) STIKOM Tunas Bangsa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh promosi, fasilitas pelayanan dan lokasi mempengaruhi masyarakat non muslim menjadi nasabah PT. Bank Muamalat cabang Pematangsiantar. Data penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari data yang didapat dari sumber pertama maupun kelompok yaitu kuisioner/angket yang diberikan kepada nasabah Bank Muamalat Indonesia non muslim beralamatkan di Komplek Megaland Blok A Jl. Sangnawaluh No. 6-7, Pematangsiantar dengan jumlah responden 88 orang nasabah. Dari hasil pengolahan data yang ada diperoleh hasil output nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R = 0.750 dan R x R = R2 sebesar 0.563 atau 56,3%. Artinya bahwa variabel terikat yaitu masyarakat non muslim menjadi nasabah mampu dijelaskan oleh variabel bebas yaitu promosi, fasilitas pelayanan dan lokasi (56,3%) dan sisanya (43,7%) dijelaskan oleh variabel lainnya diluar variabel yang digunakan. Berdasarkan uji parsial dari ketiga variabel bebas yaitu promosi, fasilitas pelayanan dan lokasi, maka variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat dari masyarakat non muslim menjadi nasabah adalah variabel failitas pelayanan dengan memiliki T-Hitung sebesar 4,042 > T-Tabel 1,980, variabel bebas yang kedua yang paling berpengaruh adalah variabel lokasi dengan memiliki T-Hitung sebesar 4,389 > T-Tabel 1,980 sedangkan variabel promosi memiliki pengaruh negatif dengan memiliki T-Hitung sebesar 1,029 < T-Tabel yaitu sebesar 1,980.

Full Text:

PDF

References


Atep Adiya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elek Media Komputindo. Jakarta.

BI dan UMBRAW. (2000). Potensi, Preferensi dan Prilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah: Studi pada Wilayah Jawa Tengah. Executif Summary. Jakarta.

Bank Indonesia. (1998). Undang-Undang Tentang Perbankan No. 10. Sinar Grafika. Jakarta.

Evi Yupitri dan Raina Linda Sari. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri di Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1 No. 1.

Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula. (2006). Syariah Marketing. Mijan Pustaka. Bandung.

Indriyo Gito Sudarmo. (1997). Manajemen Pemasaran. BPFE Yogayakarta. Yogyakarta.

Irsyad Lubis. (2010). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. USU Press. Medan.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kasmir. (2014). Dasar - Dasar Perbankan: Edisi Revisi 2014. Rajawali Pers. Jakarta.

Muhammad Darsyah Siungan. (1990). Lokasi Usaha yang Strategis. Rhineka Cipta. Jakarta.

Muhammad Syafi’i Antonio. (2001). Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Gema Insani Press. Jakarta.

Sakti Hutabarat. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syariah di Pekanbaru. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Riau. Pekanbaru.

Saladin. (2003). Tim Penyusun Kamus Pusat BahasaIndonesia. Pustaka Abadi. Jakarta.

Sugiono. (2005). Metode Peneitian dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Yayan Fauzi. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah Menabung di Perbankan yariah (Kasus Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta). Skripsi Fakultas Syariah UIN Sunan Kali Jaga. Yogyakarta.

Zubairi Hasan. (2009). Undang-Undang Perbankan Syariah. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v1i1.5

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30645/jurasik.v1i1.5.g3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika)
Published Papers Indexed/Abstracted By:

Jumlah Kunjungan : View My Stats